MANHAJ SYARAH MUHAMMAD BIN YASIN
TERHADAP KITAB BULUGH AL-MARAM
(Studi atas Kitab Nail al-Maram)
Abdul Majid
A. Pendahuluan
Studi kitab hadis merupakan salah satu medan kajian yang menarik dan cukup signifikan. Hal itu untuk mengetahui karakteristik atau keunikan yang dimilki kitab tersebut dibanding dengan kitab hadis yang lain. Sebab, sudah dimaklumi bahwa kitab-kitab hadis cukup banyak dan beragam baik dari sisi metode, corak maupun sistematikanya, yang disebabkan oleh kecenderungan penyusun masing-masing kitab serta kondisi sosio-historis yang mengitarinya.
Apalagi kalau kitab tersebut merupakan kitab syarah yang notabene tafsiran terhadap hadis-hadis Nabi. Hal itu tak kalah pentingnya, untuk membedah pemikiran sang pensyarah terhadap hadis-hadis Nabi dengan berbagai sisi yang mungkin ikut mempengaruhinya baik internal maupun eksternal. Karena salah satu hal yang sering dijumpai di masyarakat adalah pemikiran seorang ulama begitu mudah dianut dan pada akhirnya menjadi paradigma tersendiri, tanpa diperhatikan terlebih dahulu hal-hal yang mendasari munculnya pemikiran itu,
Oleh karena itu, makalah ini akan mengetengahkan uraian tentang Kitab Nailul Maram, salah satu kitab syarah terhadap Bulugh al-Maram karya Imam Ibnu Hajar al-Asqalani. Uraian tersebut menyangkut beberapa sisi, yaitu biografi Muhammad bin Yasin, penyusun kitab Nail al-Maram ini, metode penyusunan, serta isi atau beberapa contoh syarahnya terhadap hadis-hadis Nabi.
B. Sketsa Biografis
Penulis tidak menemukan literatur yang membahas biografi Muhammad bin Yasin ini selain pada kitab Nail al-Maram itu sendiri. Oleh karena itulah, informasi yang komprehensif tentang latarbelakang ulama ini tidak dapat penulis sajikan. Nama lengkapnya adalah Muhammad bin Yasin bin Abdillah, dilahirkan pada tahun 1343 H/1925 M. Ia belajar ilmu-ilmu dasar pada beberapa syekh di Senjar di antaranya: Syekkh Yunus al-Bikry, Sayyid Nasir, Ahmad Abdul Hamid al-Hamdani dan lain sebagainya. Selanjutnya ia berpetualang ke Moushul dan berguru pada Abdullah al-Nikmat, Umar al-Nikmat, Basyir al-Shiqal, Abdul Ghani al-Jabbar dan Mala Usman al-Jaburi.
Yasin mengenyam pendidikan tinggi di Kota Baghdad pada fakultas Syariah di bawah bimbingan Syekh al-Haj Hamdy al-A`zamy, Qasim al-Qaisy, Abdul Qadir al-Khatib, Najmuddin al-Wa`idz dan lain sebagainya. Pada tahun 1386 H bertepatan dengan tahun 1966 M. memperoleh ijazah dari Basyir al-Shiqal.
C. Metode dan Sistematika Penyusunan
Kitab Nail al-Maram ini terdiri dari dua jilid, setiap jilidnya terdiri atas dua juz pembahasan. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Muhammad bin Yasin sendiri, kitab ini bukanlah satu-satunya syarah terhadap Bulugh al-Maram karya Ibnu Hajar al-Asqalani, sebelumnya telah muncul kitab Subul al-Salam karya Muhammad bin Ismail al-Kahlani al-Shan`ani (lebih dikenal dengan al-Shan`ani W. 1183 H) dan selanjutnya Fath al-Allam karya Syekh Abu al-Thayyib Shadiq bin Hasan bin Ali al-Husaini.
Meski demikian, kitab ini memiliki sisi perbedaan dengan kedua kitab syarah tersebut. Nail al-Maram ini disusun dengan mengikuti sistematika kitab Bulugh al-Maram yang disyarahinya. Namun penyajian penjelasannya terhadap hadis-hadis yang dimuatnya cukup praktis alias tidak bertele-tele. Sisi kepraktisan tersebut dapat dilihat pada tidak adanya pembahasan gramatikal terhadap mufradat hadis, tidak adanya penjelasan biografi rawi hadis yang disyarahinya, demikian pula pendapat ulama yang dikemukakannya pun terbatas pada ulama-ulama masyhur saja, seperti para Imam Mazhab, Imam al-Nawawi dan sebagainya. Hal ini sangat berbeda dengan kitab Subul al-Salam misalnya, yang terkadang menimbulkan kejenuhan untuk membacanya karena pembahasan gramatikalnya yang terlalu panjang. Sekedar perbandingan, perhatikan contoh tehnik syarah kedua kitab tersebut terhadap hadis :
عن أبي هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم في البحر هو الطهور ماؤه الحل ميتته أخرجه الأربعة
Versi Nail al-Maram
االشرح
قال النووي رحمه الله: روي أبو هريرة رضي الله عنه, قال سأل سائل رسول الله صلي الله عليه وسلم, فقال يا رسول الله:إذا نركب البحر........
قال النووي وقد أجاز المحدثون اختصار الحديث بشروط. (فرع) في فوائد الحديث الشريف, قال النووي رحمه الله: إحداها: انه أصل عظيم من أصول الطهارة. الثانية: ان الطهور هو المطهر. الثالثة: جواز الطهارة بماء البحر. الرابعة : ان المتغير بما يتعذر صونه عنه طهور. الخامسة: جواز ركوب البحر ما لم يهج. السادسة: إن ميتات البحر كلها حلاح إلا ما خص منها كالضدع والسرطان, وفيه خلاف يذكر في باب الصيد والذبائح. السابعة: أن الطافي من حيوان البحر حلال وهو ما مات حتف أنفه وهذا مذهب الشافعية . الثامنة: فيه انه يستحب للعالم والمفتي اذا سئل عن شئ وعلم ان بالسائل حاجة إلي أمر أخر متعلق بالمسؤول عنه لم يذكره السائل أن يذكره له ويعلمه إياه, لأن السائل سأل عن ماء البحر فأجيب بمائه وحكم ميتته ولأنهم يحتاجون الي الطعام كالماء.
Versi Subul al-Salam
(عن أبي هريرة رضي الله عنه) الجار والمجرور متعلق بمقدر كأنه قال باب المياه أروي فيه أو أذكر أو نحو ذلك حديثا عن أبي هريرة وهو الأول من أحاديث الباب وأبو هريرة هو الصحابي الجليل الحافظ المكثر واختلف في اسمه واسم أبيه على نحو من ثلاثين قولا قال ابن عبد البر الذي تسكن النفس إليه من الأقوال أنه عبد الرحمن بن صخر وبه قال محمد بن إسحاق وقالالحاكم أبو أحمد ذكر لأبي هريرة في مسند بقي بن مخلد خمسة آلاف حديث وثلاثمائة وأربعة وسبعون حديثا وهو أكثر الصحابة حديثا فليس لأحد من الصحابة هذا القدر ولا ما يقاربه قلت كذا في الشرح والذي رأيته في الاستيعاب لابن عبد البر بلفظ إلا أن عبد الله أو عبد الرحمن هو الذي يسكن إليه القلب في اسمه في الإسلام ثم قال فيه أي الاستيعاب مات في المدينة سنة تسع وخمسين وهو ابن ثمان وسبعين سنة ودفن بالبقيع وقيل مات بالعقيق وصلى عليه الوليد بن عقبة بن أبي سفيان وكان يومئذ أميرا على المدينة كما قاله ابن عبد البر
( قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم في البحر) أي في حكمه والبحر الماء الكثير أو المالح فقط كما في القاموس وهذا اللفظ ليس من مقوله صلى الله عليه وسلم بل مقوله (هو الطهور) بفتح الطاء واسم ما يتطهر به المطهر كما في القاموس وفي الشرع يطلق على المطهر وبالضم مصدر وقال سيبويه إنه بالفتح لهما ولم يذكره في القاموس بالضم (ماؤه) هو وضمير ماؤه يقتضي أنه أريد بالضمير في قوله هو الطهور البحر يعني مكانه إذ لو أريد به الماء لما احتيج إلى قوله ماؤه إذ يصير في معنى الماء طهور ماؤه (الحل) هو مصدر حل الشيء ضد حرم ولفظ الدارقطني الحلال (ميتته) هو فاعله أيضا (أخرجه الأربعة وابن أبي شيبة) هو أبو بكر قال الذهبي في حقه الحافظ العديم النظير الثبت النحرير عبد الله بن محمد بن أبي شيبة صاحب المسند والمصنف وغير ذلك وهو من شيوخ البخاري ومسلم وأبي داود وابن ماجه (واللفظ له) أي لفظ الحديث السابق سرده لابن أبي شيبة وغيره ممن ذكر (و)صححه (ابن خزيمة) بضم الخاء المعجمة فزاي بعدها مثناة تحتية فتاء تأنيث قال الذهبي الحافظ الكبير إمام الأئمة شيخ الإسلام أبو بكر محمد بن إسحاق بن خزيمة انتهت إليه الإمامة والحفظ في آلاف بخراسان (و) صححه (الترمذي) أيضا فقال عقب سرده هذا حديث صحيح هذا لفظ الترمذي كما في مختصر السنن للحافظ المنذري وحقيقة الصحيح ثم المحدثين ما نقله عدل تام الضبط عن مثله متصل معل ولا شاذ هذا وقد أخرج المصنف هذا الحديث في التلخيص من تسع طرق عن تسعة من الصحابة ولم تخل طريق منها عن مقال إلا أنه قد جزم بصحته من سمعت وصححه ابن عبد البر وصححه ابن منده وابن المنذر وأبو محمد البغوي قال المصنف وقد حكم بصحة جملة من الأحاديث لا تبلغ درجة هذا ولا تقاربه قال الزرقاني في شرح الموطأ وهذا الحديث أصل من أصول الإسلام تلقته الأمة بالقبول وتداوله فقهاء الأمصار في سائر الأعصار في جميع الأقطار ورواه الأئمة الكبار ثم عد من رواه ومن صححه والحديث وقع جوابا عن سؤال كما في الموطأ أن أبا هريرة رضي الله عنه قال جاء رجل وفي مسند أحمد من بني مدلج وعند الطبراني اسمه عبد الله إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال يا رسول الله إنا نركب البحر القليل من الماء فإن توضأنا به عطشنا أفنتوظأ به وفي لفظ أبي داود بماء البحر فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم هو الطهور ماؤه الحل ميتته فأفاد صلى الله عليه وسلم أن ماء البحر طاهر مطهر لا يخرج عن الطهورية بحال إلا ما سيأتي من تخصيصه بما إذا تغير أحد أوصافه ولم يجب صلى الله عليه وسلم بقوله نعم مع إفادتها الغرض بل أجاب بهذا اللفظ ليقرن الحكم بعلته وهي الطهورية المتناهية في بابها وكأن السائل لما رأى ماء البحر خالف المياه بملوحة طعمه ونتن ريحه توهم مراد من قوله أو أنه لما عرف من قوله تعالى ع س ش وهو لذي أرسل لرياح بشرى بين يدي رحمته وأنزلنا من لسمآء مآء طهورا ظن اختصاصه فسأل عنه فأفاده صلى الله عليه وسلمالحكم وزاده حكما لم يسأل عنه وهو حل ميتته قال الرافعي لما عرف صلى الله عليه وسلم اشتباه الأمر على السائل في ماء البحر أشفق أن يشتبه عليه حكم ميتته وقد يبتلى بها راكب البحر فعقب الجواب عن سؤاله ببيان حكم الميتة قال ابن العربي وذلك من محاسن الفتوى أن يجاء في الجواب بأكثر مما سئل عنه تتميما للفائدة وإفادة المسؤول عنه ويتأكد ذلك ثم ظهور الحاجة إلى الحكم كما هنا لأن من توقف في طهورية ماء البحر فهو عن العلم بحل ميتته مع تقدم تحريم الميتة أشد توقفا ثم ما مات فيه من دوابه مما لا يعيش إلا فيه لا ما مات فيه مطلقا فإنه وإن صدق عليه لغة أنه ميتة بحر فمعلوم أنه لا يراد إلا ما ذكرنا وظاهره حل ما مات فيه ولو كان كالكلب والخنزير ويأتي الكلام في ذلك في بابه إن شاء الله تعالى
Contoh lain yang bisa dibaca adalah hadis tentang larangan memakan daging Himar jinak. Ketika mengomentari hadis ini Muhammad bin Yasin seolah menggiring para pembaca pada satu pendapat semata, yakni keharamannya secara mutlak.
Padahal, Ibnu Abbas, salah seorang sahabat Nabi yang terkemuka dalam tafsir dan hadis, memiliki pendapat lain. Menurutnya, daging himar jinak tidak haram. ini tidak berarti bahwa Ibnu Abbas tidak mengakui larangan hadis tersebut. Beliau tetap mengakui kalau hadis tersebut bersumber dari Nabi, tetapi tidak mengakui universalitas hadis itu, dalam arti tidak berlaku secara umum dan abadi alias tidak mengikat. Ibnu Abbas memandang hadis tersebut sebagai ketetapan Nabi dalam posisi beliau sebagai pemimpin dan kepala negara yang berkaitan dengan manivestasi kemaslahatan umat, atau untuk menghindari suatu kerusakan ekosistem pada waktu itu. Kemaslahatan yang dimaksud adalah menjaga himar dari kepunahan jika masyarakat sesuka hati menyembelih dan memakannya, sementara sangat memerlukannya untuk kendaraan.
Argumentasi yang dikemukakan oleh Ibnu Abbas adalah ayat al-Qur`an yang berbunyi:
قل لا أجد فيما أوحي إلي محرما علي طاعم يطعمه إلا ان يكون ميتتة إو دما مسفوحا أو لحم خنزير.....(الأنعام 145)
Disamping ayat tersebut, Ibnu Abbas juga berargumentasi dengan sebuah hadis, ia menceritakan bahwa suatu hari salah seorang sahabat,Ghalib bin Abjar, mengadu kepada Nabi. Ia mengatakan ya Rasulullah, kami sangat paceklik tahun ini, dan tidak ada yang bisa dimakan oleh keluarga kami kecuali Himar Jinak. Sementara Anda telah mengharamkannya. Nabi menjawab, berikanlah kepada keluargamu untuk makanan mereka. Saya mengharamkannya hanya karena binatang tersebut adalah kendaraan di kampung (جوالة القرية).
Dari sisi metodologis dapat digambarkan bahwa Muhammad bin Yasin mensyarahi hadis-hadis Bulugh al-Maram dengan cara kerja sebagai berikut:
1. Mengemukakan hadis-hadis yang akan dibahas secara lengkap disertai mukharrij dan hukm Ibnu Hajar terhadap hadis tersebut. Pemaparan hadis pada bagian tersendiri ini memudahkan pembaca untuk mengenali hadis tanpa "terganggu" dengan komentar pensyarah. Tehnik ini berbeda dengan Subul al-Salam misalnya, yang langsung mengomentari dan membagi dengan beberapa kelompok kalimat hadis.
2. Mengemukakan pendapat dan penjelasan para ulama seputar makna hadis tersebut. Penjelasan kandungan hadis pada bagian ini merupakan bagian tersendiri yang dikelompokkan oleh Muhammad bin Yasin pada bagian al-Syarh. Di samping itu, ketika menjelaskan makna hadis, Muhammad bin Yasin berpijak pada matan hadis secara keseluruhan, bukan pada potongan kalimat-kalimat hadis yang diberikan "tanda kurung" sebagaimana dengan Subul al-Salam.
3. Mengkritisi pendapat para ulama. Dalam hal ini apabila pendapat ulama tersebut berdasarkan hadis, maka Muhammad bin Yasin mengkritisinya dari sisi otentisitas hadis yang dirujuk. Sehingga dengan cara ini, ia tidak segan-segan menolak suatu pendapat karena ke-dhaif-an hadis yang diperpeganginya.
4. Mengkomfirmasi penjelasannya dengan ayat-ayat al-Qur`an.
5. Kalau hadis tersebut controversial, maka Muhammad bin Yasin akan men-tarjih salah satu pendapat yang terkuat. Pemilihan tersebut dilakukan pada pendapat yang -secara tekstual- ditopang dengan dalil-dalil yang lebih kuat, baik berupa nash al-Qur`an, hadis-hadis sahih, maupun yang telah disepakati oleh mayoritas ulama. Pemilihan salah satu pendapat ini biasanya diungkakan dengan أقول (saya berpendapat), atau قال أصحابنا.
Sekedar contoh, berikut akan dikemukakan tehnik syarah Muhammad bin Yasin pada beberapa masalah.
1. Bersentuhan dengan Perempuan, membatalkan Wudhu atau tidak?
Hadis: عائشة أن النبي صلى الله عليه وسلم قبل بعض نسائه ثم خرج إلى الصلاة ولم يتوضأ
Sebelum mengemukakan pendapatnya, Muhammad bin Yasin mengutip penjelasan Imam al-Nawawi tentang perdebatan di kalangan ulama seputar pesan hukum yang diusung oleh hadis di atas. Di antara mereka ada yang berpendapat bahwa bersentuhan dengan perempuan tidak membatalkan wudhu. Dalilnya, hadis yang diriwayatkan oleh Abi Waraq dari Ibrahim al-Taimi dari Aisyah bahwasanya Nabi saw. Setelah berwudhu, mencium istrinya dan tidak berwudhu kembali. Ditambah lagi dengan hadis yang lain, bahwa Aisyah bercerita, suatu malam Nabi melaksanakan shalat lail, ketika sujud beliau menyentuh kaki Ummul Mukminin tersebut.
Muhammad bin Yasin menjawab pendapat di atas dengan ayat al-Qur`an: أو لامستم النساء . mengenai hadis Abi Waraq di atas, Muhammad bin Yasin berpendapat bahwa hadis tersebut di-dhaif-kan oleh Ibnu Main dan kritikus yang lain. Di samping itu, Ibrahim al-Taimi, rawi yang menerima hadis tersebut dari Aisyah, tidak mendengarnya secara langsung dari beliau, sebagaimana yang diungkapkan oleh para hafidz semisal Abu Daud. Dari sini dapat dipahami bahwa hadis tersebut-menurut Muhammad bin Yasin- dhaif dan mursal.
Sementara hadis Aisyah yang kakinya disentuh oleh Nabi pada saat shalat lail, Muhammad bin Yasin menduga ada pelapis(حائل) yang mengantarai sebagaimana biasanya dengan orang tidur. Dengan demikian, Muhammad bin Yasin tetap berpandangan bahwa bersentuhan kulit dengan perempuan akan membatalkan wudhu.
2. Kedudukan Wali dalam Pernikahan
Hadis: وعن عائشة قالت قال رسول الله صلى الله عليه وسلم أيما امرأة نكحت بغير إذن وليها فنكاحها باطل فإن دخل بها فلها المهر بما استحل من فرجها فإن اشتجروا فالسلطان ولي من لا ولي له أخرجه الأربعة إلا النسائي وصححه أبو عوانة وابن حبان والحاكم
Dalam menjelaskan hadis di atas, Muhammad bin Yasin mengutip penjelasan Imam al-Nawawi tentang kontroversi ulama menyangkut kedudukan wali dalam sebuah pernikahan. Imam Malik dan Imam Syafii berpendapat disyaratkan dan tidak sah sebuah pernikahan tanpa wali, sementara Abu Hanifah berpendapat lain. Menurutnya, Wali tidak disyaratkan dalam pernikahan baik janda maupun gadis, bahkan seorang gadis -lanjut Imam Abu Hanifah- berhak menikahkan dirinya tanpa persetujuan walinya.
Muhammad bin Yasin berpendapat bahwa seorang perempuan berhak menikahkan dirinya sendiri apabila sekufu`, dan kalau tidak, maka wali berhak membatalkan pernikahannya. Dalam hal ini, Imam Abu Daud berpendapat bahwa wali disyaratkan pada pernikahan seorang gadis, sedangkan pada janda tidak disyaratkan. Dalilnya, adalah hadis pada sahih Muslim dengan jelas membedakan antara gadis dan janda. Seorang janda berhak dengan dirinya sendiri, sementara gadis harus dimintai izinnya atau persetujuannya. Muhammad bin Yasin menanggapi pendapat tersebut bahwa yang dimaksud dengan berhak dengan dirinya sendiri adalah tidak boleh dipaksa dan berhak menentukan pasangannya (Pen.bukan berhak menikahkan dirinya sendiri tanpa wali). Dalam hal ini Muhammad bin Yasin sependapat dengan Imam Malik dan Imam Syafii yang secara tekstual berpegang pada keumuman hadis masyhur لانكاح إلا بولي.
D. Krtikan
Setelah mencermati beberapa uraian Muhammad bin Yasin dalam karyanya ini, ada beberapa catatan yang perlu dikemukakan, di antaranya:
1. Metode praktis yang ditempuh oleh Muhammad bin Yasin dalam mensyarahi hadis-hadis hukum Bulugh al-Maram tersebut yang membatasinya pada pendapat masyhur semata terkesan justru "mereduksi" makna hadis. Namun demikian, hemat penulis, perlu diteliti lebih lanjut latarbelakang penyusunan kitab ini. Sebab tidak dipungkiri bahwa pemilihan suatu metode sangat terkait dengan tipe komunitas pembaca, sasaran penyusunan dari kitab ini. Salah satu contohnya, kitab Tafsir Jalalain yang oleh sebagian kalangan hanya dianggap sebagai kitab terjemah, bukan kitab tafsir. Namun menurut salah seorang dosen tafsir pasca UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, bentuk dan metode tafsir tersebut tak terlepas dari kondisi komunitas yang diperuntukkan tafsir itu. Mereka adalah santri yang jenjang pendidikannya setingkat Tsanawiyah, sehingga sangat bijak apabila Jalaluddin al-Mahalli dan Jalaluddin al-Sayuti menempuh metode sesederhana itu. Sangat tidak tepat menilai sebuah karya seseorang tanpa menelusuri pertimbangan-pertimbangan dan latarbelakang sosial yang mungkin mempengaruhi lahirnya karya tersebut.
2. Hal lain yang perlu dicermati dari kitab ini adalah Muhammad bin Yasin sama sekali tidak mempertimbangkan aspek historisitas hadis, baik yang sifatnya mikro (sabab wurud) maupun makro (sosio-antrpologis). Padahal itu penting, apalagi hadis-hadis yang dikajinya adalah hadis-hadis hukum, yang muncul dari proses interaksi antara Nabi sang pembawa risalah dengan realitas masyarakat saat itu. Mempertimbangkan aspek historisitas tersebut meniscayakan munculnya makna-makna baru yang justru lebih akomodatif terhadap perubahan dan perkembangan zaman.
Namun perlu dimaklumi bahwa aspek historisitas hadis-hadis Nabi memang belum menarik bagi hampir seluruh ulama hadis masa lalu. Mereka masih bergelut seputar pada kajian-kajian sanad dan kebahasaan tanpa mempertimbangkan berbagai latarbelakang munculnya hadis-hadis tersebut. Dengan meminjam istilah ilmu tafsir, mungkin dapat dikemukakan bahwa pada umunya mereka menganut kaidah: العبرة بعموم اللفظ لا بخصوص السبب , padahal dalam hadis sejatinya kaidah: العبرة بخصوص السبب لابعموم اللفظ mendapatkan prosentase lebih besar.
E. Penutup
Demikian uraian tentang kitab Nail al-Maram ini sebagai pengantar diskusi kelas dengan harapan peserta diskusi dapat memberikan saran-saran konstruktif dan informasi untuk penegembangan kajian ini selanjutnya.
Kamis, 03 September 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar